Posted in Uncategorized

Apakah Kau Benar-Benar Paham Sepakbola?

Pertanyaan ini lebih ditujukan pada para perempuan yang suka nonton bola. Entah sejak kapan, perempuan mulai nonton bola dan mengakuinya dengan bangga. Termasuk salah satu emansipasi wanita kali yaa:) Tapi apakah para perempuan itu memang mengerti sepakbola? Atau cuma keren-kerenan saja? Biar dianggap gaul gheto lwooohh😀

Take That lengkap!
Aku sendiri mulai nonton bola sejak SMP. Bukan karena apa-apa. Waktu itu boyband Take That sedang ngetop dan aku termasuk salah satu remaja tanggung yang tergila-gila pada mereka. Beli majalah yang ada mereka! Request lagu mereka di radio! Cari tau segala info tentang mereka! Dan dapatlah info kalau Take That fans berat klub Manchester United. Otomatis, aku pun jadi pendukung MU. Ahh.. masa remaja yang menyenangkan:D

Sejak itu aku selalu nonton Liga Inggris, khususnya kalau MU main. Waktu itu yang jadi bintang klub adalah Eric Cantona (jaduullll!!). Take That bubar, eh nonton bolanya keterusan. Tetap jadi pendukung MU. Walaupun kalau ditanya kenapa mendukung MU, secara teknis aku gak bisa jawab. Soalnya memang cuma fanatisme berlebihan masa remaja sih! Mulai nonton Liga Champions, mulai nonton Piala Dunia (dukung Inggris pastinya!),mulai begadang nonton bola. Titip baju merk Umbro yang ada tulisan MUnya sama saudara di Bandung (dulu Umbro yang sponsorin MU), beli tas ransel merk Umbro juga (ooh..tas Umbro unguku, I Love You), dapat hadiah ultah seragam MU versi mini…Senangnyaa…

Sebagian skuad MU 1997

Tapi…meskipun cukup lama menonton bola, sejujurnya, aku gak mengerti strategi dalam sepakbola. Yah, aku gak bisa memberikan alasan kenapa mendukung MU atau Inggris dibanding yang lain. Cuma ikutan (eks) artis idola. Kalau kujawab karena aku ingin sekali mengunjungi Inggris (pengaruh kebanyakan baca buku karangan Enid Blyton), ya itupun fanatisme gak jelas juga. Aku juga gak mengerti membaca permainan tim, pola permainan, bla..bla..bla.. Yang paling parah, sampai sekarang aku gak ngerti offside itu gimana!! Udah tanya om,teman,suami, masih bingung juga! Huahahaha! Ya sudahlah, aku pasrah saja. Jadi kalau pertanyaan di atas ditanyakan pada diriku sendiri, jawabannya sudah pasti,”Gak, aku gak ngerti”.

Tapi aku suka nonton bola. Aku suka sensasi yang timbul ketika tim favoritku mendekati gawang lawan. Aku suka rasa deg-degan ketika tim lawan berusaha menundukkan kiper tim unggulanku. Aku suka merasakan kegembiraan ketika sebuah gol terjadi. Nah, sekarang aku kembali bertanya kepada para perempuan penonton bola, apakah kalian benar-benar paham olahraga ini? Kalau paham, wooww.. baguss! Kalau sebenarnya tak paham, hanya menyukai menontonnya saja sepertiku, ya tak apa. Marilah kita nikmati kegembiraan Piala Dunia 2010 ini. Walaupun aku cuma bisa nonton sesekali, itupun pertandingan pukul 6 sore saja. Walaupun aku gak ngerti strategi permainannya.
Orang-orang seperti kami ini, masih boleh nonton Piala Dunia, bukan?😀

Leave a Reply

