Posted in Belajar Masak

Trik Atasi GTM

Yaaaa…..akhirnya Rasha (14m) memasuki fase GTM (Gerakan Tutup Mulut) juga!

GTM Rasha dimulai sejak sebulan yang lalu,sejak batuk pilek. Dua hari setelah batuk sembuh,makannya lancar, sesudah itu mulai deh GTMnya. Penolakan Rasha mulai dari : langsung memalingkan wajah begitu disodorin sendok; atau menerima suapan tapi abis tu dilepeh. Lalu dimulailah perjalanan putar otak bundanya supaya anaknya mau makan.

Nah, trik-trik di bawah ini adalah beberapa cara yang aku lakukan supaya Rasha mau makan.

– Pindah kursi makan
Ini hanya berlaku untuk anak atau bayi yang udah cukup besar atau bisa duduk tegak. Selain di babychair, Rasha pernah didudukin di stroller, di bangku plastik teras kami yang ala warkop pinggir jalan, atau lesehan di lantai.

-Pindah lokasi makan
Maksudnya, kalau biasanya makan di ruang makan, coba dipindah ke tempat lain. Misalnya di teras belakang. Aku pribadi berpendapat tak apa makan selain di ruang makan, asalkan masih di dalam rumah (bukan di jalan sambil main). Atau bisa juga di cafe atau restoran, jadi emaknya bisa sambil melalak (LOL). Kalau ada taman kota dekat rumah, bisa piknik di taman.

– Biarkan anak makan sendiri.
Berikan porsi kecil di piring terpisah agar anak bisa mencoba makan sendiri. Tapi untuk cara ini bunda tetap harus menyuapi dan harus siap-siap membereskan tumpahan nasi dan lauk pauk.

– ‘Puasa’ nasi
Kalau anak GTM dan melepeh makanan jika diberi nasi, maka coba sumber karbohidratnya diganti: jagung,bihun,kentang, roti, ubi,pasta,oatmeal. Ini pernah kuterapkan untuk Rasha, pagi sarapan oatmeal, siang dan sore: mashed potatoes+brokoli dan wortel kukus+lele goreng (gak cocok yak). Besoknya dikasi nasi, wah lahap!

– Ganti tekstur makanan
Coba tekstur nasi dan sayurnya dinaikkan atau diturunkan 1 tingkat. Misalnya, kalau biasanya makan nasi tim, turunkan jadi bubur. Atau dinaikkan jadi nasi biasa. Gitu juga dgn sayur, kalau biasanya dicincang halus, coba potong kasar.

– Ganti menu
Mungkin anaknya bosan dengan menunya? Rasha suka betul brokoli, trus emaknya keterusan kasih brokoli tiap hari. Hasilnya, lama2 dianya bosan dan nolak tiap dikasi brokoli😀

– Gaya lebay bunda
Bisa sambil nyanyi, atau memuji berlebihan dengan tepuk tangan dan ciuman jika anak tidak melepeh makanan dan menghabiskan makanannya🙂

– Bunda evaluasi diri😉
Mohon maaf, ini berdasarkan pengalaman pribadi. Beberapa kali, kalau Rasha melepeh makanan, dan kuicip yang kumasak, walah..rasanya memang gak enak! Jadi coba dibuat menu yang enak ya bunda…:D

– Cari teman makan
Teman makannya Rasha adalah kucing! Nah, kalau Rasha mulai melepeh makanan, aku pura-pura suapin kucing yang kebetulan ada di rumah, trus bilang,”eeehh…kucingnya makan. Rasha makan juga yaaa” sambil disuapin. Kadang berhasil, kadang enggak😀

-Ganti metode penyuapan
Maksudnya, yang biasanya disuapin pake sendok, coba disuapin pakai tangan. It works for Rasha!

-Ganti peralatan makan
Beli peralatan makan baru, atau kalau aku, gunakan piring melamin/seng ukuran dewasa yang ada di rumah.

Ingat ya bun, ini adalah kumpulan trik yang aku lakukan,jadi ada yang berhasil dan ada yang tidak. Kalaupun berhasil untuk Rasha, belum tentu berhasil untuk anak lain, because every kid is special….

Memang bikin pusing kalau anak GTM, kita udah capek-capek masak, eh dilepeh. Rasanya mau marah dan nangis. Buat bunda yg udah jago masak mungkin gak kan desperate betul, tapi buat yang baru belajar masak, whoaaa…langsung hilang kepercayaan diri deh mau buatin mpasirumahan. Tapi semuanya memang trial dan error,yang penting jangan menyerah aja…😀

Sekedar sharing, setelah melakukan berbagai cara, akhirnya aku tau kalo Rasha mau: makan sesekali berpindah lokasi, dalam suasana ceria (emaknya jgn bete), sayur dipotong kasar, pakai nasi biasa, dan disuapin pakai tangan!

Kalau ada trik yang lain, please share ya bunda …^-^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s