Posted in Rekreasi

Taman Burung Cemara Asri

Tidak banyak tempat rekreasi selain mall di Kota Medan ini,khususnya untuk membawa anak-anak. Penangkaran burung di Komplek Cemara Asri ini mungkin bisa menjadi alternatif rekreasi keluarga.

Dikatakan penangkaran sebenarnya kurang tepat karena tempat ini sebenarnya terbentuk secara alami. Awalnya sejumlah burung bersarang di area kapling komplek berawa-rawa yang belum terbangun. Pengelola komplek Cemara Asri, Bapak H.Anif, membiarkan hal ini, bahkan menyebarkan bibit lele di rawa tempat burung-burung tersebut bersarang sebagai makanan mereka. Akhirnya semakin banyak burung yang bersarang di sini.

Sore hari antara pukul 4 hingga 6 sore adalah waktu yang tepat datang ke tempat ini, karena burung siang kembali ke sarang, sementara burung malam baru akan memulai aktivitasnya. Kita dapat melihat burung-burung ini terbang dan bertengger di dahan pohon dengan jarak sekitar 6m. Kadang bisa lebih dekat jika ia terbang melintas di atas rawa.

Berkat sejumlah burung, tempat ini menjadi ramai oleh pengunjung yang sekedar nongkrong. Sepertinya pengelola komplek memang mengizinkan siapa saja memasuki area publik komplek ini. Ketika aku kunjungi pada hari Minggu sore, tempat ini sangat ramai! But anyway, since it’s an open space, there’s place for everyone🙂 Sambil duduk di bawah pohon, kita bisa menikmati berbagai jajanan pasar yang dijual pedagang kaki lima di sekitar rawa. Pecel, mie, sate, martabak, jus, rujak hingga beberapa penganan etnis Tionghoa yang aku tidak tahu namanya.

Selain melihat burung, anak-anak dapat bermain di taman di depan rawa. Oleh karena itu, membawa bola kaki merupakan keputusan bagus agar bisa bermain dengan anak-anak. Kelenteng komplek yang terletak di belakang rawa juga merupakan hal menarik untuk dilihat.

Nikmatilah suasana duduk di bawah pohon melihat berbagai spesis burung beterbangan hinggap di pepohonan hijau, dengan latar belakang kelenteng megah berwarna jingga.

Sayang sekali aku tak mengambil foto di tempat ini….hmm maybe the next visit…:)

Lokasi:
Komplek ini terletak di Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Dapat dicapai lewat tol, keluar di pintu tol H.Anif (the name sounds familiar, right? Read the article once again:) )

Tips dan saran:
– Sebaiknya anak-anak menggunakan lotion anti nyamuk khusus untuk anak atau gelang anti nyamuk 

– Buanglah sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan lingkungan
– Mencari makan malam sebelum pulang ke rumah? Beberapa restoran sea food terletak di dalam kompleks, dan sebuah restoran fast food terletak 1 km dari kompleks tidak jauh dari pintu tol.
– Untuk yang muslim tidak usah khawatir ketinggalan sholat maghrib. Mesjid komplek yang terletak di sebelah pintu gerbang Komplek Cemara Asri terbuka untuk umum. Mesjid ini sendiri bisa menjadi rekreasi reliji dengan kaligrafi Jeparanya yang memenuhi dinding mihrab.

One thought on “Taman Burung Cemara Asri

  1. When I thinking of holiday travel I usually decide to selecting holiday vacation destination, it is important to keep what you need and want out of your vacation in mind. Outdoor vacation can easily be considered the most popular vacation destinations because may be a great vacation for you and your family.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s