Posted in Uncategorized

[Book Review] Dari Puncak Bagdad: Sejarah Dunia Versi Islam

Tidak banyak buku tentang sejarah Islam yang pernah saya baca. Saya pernah memulai membaca buku kisah hidup Nabi Muhammad SAW dan Fatimah Az Zahra (dua buku yang berbeda). Tapi tidak selesai karena membosankan dan tidak menarik.

Membosankan dan tidak menarik, bukanlah kata yang tepat untuk mendeskripsikan buku karangan Tamim Ansary ini. Buku ini tidak seperti buku sejarah, tapi seperti novel dengan latar belakang sejarah. Perkembangan narasinya cepat, tidak bertele-tele. Bahasa yang digunakan juga umum, hanya sedikit menggunakan istilah-istilah fiqih Islam yang terkadang dapat membingungkan pembaca. Jikapun ada, maka secara ringkas penulisnya akan menjelaskan. Oleh karena itu, buku ini mudah dibaca, baik itu oleh muslim, maupun pembaca yang beragama lain.<br><br>Salah satu yang membuat saya tertarik untuk membaca buku ini adalah Tamim Ansary juga memasukkan ringkasan sejarah Eropa dan menceritakan bagaimana bertemunya kedua peradaban ini, yang satu berlatar agama Kristen dan satunya lagi berlatar agama Islam. Ketika Kekhalifahan Islam sedang mencapai puncak kejayaan, pada saat yang bersamaan apa yang sedang terjadi di Eropa? Jika pada masa itu umat Islam banyak memiliki ahli-ahli sains, mengapa yang memberikan pengaruh pada perkembangan teknologi dunia adalah peristiwa Revolusi Industri di Inggris, dan bukannya dari umat Islam? Bagaimana awal mulanya seperti ada semacam permusuhan antara umat Kristen-Islam dan Islam-Yahudi padahal sebelumnya semuanya damai? Di buku ini Tamim Ansary menceritakan teorinya.

Seperti biasa, sejarah adalah peristiwa yang diceritakan ulang menurut subjektivitas penulisnya. Begitu juga dengan buku ini. Tamim Ansary banyak menuliskan pendapatnya terhadap berbagai peristiwa yang terjadi berkaitan dengan perkembangan agama Islam. Opininya terbuka, bebas, jadi sebagai pembaca kita harus siap menerima kritik Tamim Ansary terhadap kaum muslim. Selain itu, buku ini juga sedikit memasukkan referensi, tapi sepertinya ini merupakan konsekuensi agar buku ini tidak membosankan. Karena banyak subjektivitas dan minim referensi, maka menurut saya, sebaiknya setelah (atau sebelum) membaca buku ini, kita membaca juga buku-buku sejarah Islam lainnya untuk memperkaya referensi kita. Selain itu, rasanya akan lebih baik jika ada daftar khalifah yang pernah memimpin kekhalifahan Islam dan tahunnya di bagian lampiran. Hal ini akan sangat membantu pembaca (salah satunya saya hehehe) yang tidak hafal nama-nama khalifah Islam dan tahun-tahun mereka berkuasa. Namun secara umum, buku ini sangat layak dibaca untuk mengenal sejarah Islam. Bagi pemula, buku ini nyaman dibaca untuk memulai mengenal sejarah Islam. Bagi pembaca sejarah Islam tingkat lanjut, buku ini menyajikan pendapat yang baru, yang berbeda. Tapi tentunya Anda harus membuka pintu pemikiran Anda lebar-lebar🙂

_______________________________________________________________

Jika suka, sila membaca di goodreads di link ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s