Posted in Uncategorized

[Book Review] Ayah – Andrea Hirata

Saya sangat menyukai gaya bahasa Andrea Hirata yang puitis dan penggunaan kalimat yang tidak biasa, serta leluconnya yang unik. Sejak buku Laskar Pelangi dan selanjutnya, hal inilah yang terus membuat saya selalu menanti karya Andrea Hirata. Hingga buku Ayah ini, gaya ini masih terus digunakan, meskipun ada beberapa kali Andrea memasukkan kalimat masa kini seperti “sebenarnya apa, ,sih, yang kita bicarakan ini?” (hal.24). Kemudian ada juga menggunakan kata mending (hal.39). Saya pribadi agak risih membacanya, karena seperti tidak nyambung dengan kalimat lainnya yang puitis dan bergaya Melayu. Untungnya hal seperti ini tidak begitu sering, dan kecewa saya terobati dengan puisi-puisi cinta Sabari yang manis dan Toharun yang suka menggunakan analogi matematika ketika mengejek Sabari, tapi hitungannya selalu salah ahahaha

Dari segi cerita, bagi saya ini mungkin karya Andrea Hirata yang paling sedih setelah Laskar Pelangi. Khususnya di bagian kisah Sabari dan anaknya Zoro, sukses membuat saya menangis. Sedih! Isi cerita ini cukup membekas, berbeda dengan dwilogi Padang Bulan yang saya sudah lupa ceritanya tentang apa (maaf ya, Bang Andrea….) Di bab-bab akhir, menurut saya beberapa cerita agak terlalu seperti adegan-adegan film Hollywood, bahkan saya sampai bisa membayangkan bentuk visualnya dalam bentuk film. Mungkin memang ada rencana untuk memfilmkan buku ini? Bisa jadi..dan saya restui🙂

Oh ya, entah mengapa tokoh wanita di buku ini, Marlena (panggilannya Lena),sama dengan nama anak perempuan yang muncul di cerita-cerita yang ada dalam buku pelajaran anak saya kelas 1 SD, yaitu Lena Marlena. Kebetulan? Entahlah…hehehe

————————————————————————————————————-

Berapa bintang yang saya berikan untuk buku ini? Sila lihat disini

Leave a Reply

