Posted in Book review

[Book Review] Berjalan Di Atas Cahaya

​Judul buku: Berjalan Di Atas Cahaya

Penulis: Hanum Salsabila Rais

Buku ini adalah kumpulan kisah perjalanan Hanum Salsabila Rais sebagai penulis utama, serta dua orang kontributor lainnya, Tutie Amaliah dan Wardatul Ula. Terdiri atas 20 kisah, secara umum menceritakan perjuangan ketiga penulis selama menjadi anak rantau di Eropa, khususnya berkaitan dengan kesulitan, kemudahan dan hikmah yang mereka dapatkan selama hidup sebagai seorang muslim di sebuah negara sekuler. Beberapa kisah menceritakan perjuangan mereka untuk tetap berpegang teguh pada ajaran Islam, terutama dalam berhijab dan melaksanakan shalat. Ada juga kisah tentang warga Eropa yang memeluk agama Islam. Selain itu, beberapa kisah juga menceritakan kemudahan yang didapatkan penulis dari persahabatannya dengan teman-teman mereka yang beragama Kristen, bahkan yang dibesarkan dalam keluarga komunis.

Ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti, namun juga bukan gaya bahasa sehari-hari, menjadikan buku ini terkesan ringan, padahal pesan yang disampaikannya menurut saya cukup berat. Urutan kejadian ditulis secara detail, namun dengan tambahan hikmah dan renungan setiap penulis dari kisah yang mereka alami. 
Buku ini juga menampilkan beberapa foto yang berkaitan dengan setiap kisah. Foto favorit saya adalah sebuah foto yang memperlihatkan sebuah keluarga (4 orang Eropa dan 2 orang Asia) yang duduk di meja makan dan sedang berdoa sebelum makan. Tiga orang dalam foto itu berdoa dengan cara saling mengenggam kedua jemari tangannya, layaknya umat Nasrani ketika berdoa. Tiga orang lainnya menengadahkan jemari tangannya, layaknya umat Islam ketika berdoa. Ya. Kita bisa makan bersama dan hidup bersama-sama, meskipun cara berdoa kita berbeda. Bukankah itu lebih indah? :) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s